Macet di Jakarta Bikin Gila! YES, BENER BANGET! Kemacetan yang parah membuat orang (terkadang) tidak bisa mengontrol emosi sehingga bertindak ngawur.

Bagi warga Jakarta, mungkin sebagian hidupnya habis di jalanan saat berangkat dan pulang kerja. Rasanya pengin MARAH, GONDOK, SEBEL, dan lain-lain saat kita sedang antri dalam kemacetan eh ada yang nyelonong seenaknya saja tanpa memperdulikan keselamatan pribadi dan orang lain.

Beberapa kali diberitakan ada ‘oknum’ yang bertindak diluar kontrol saat ada yang menyalip sembarangan dan berujung pada debat, perselisihan bahkan perkelahian di tengah jalan yang tentu saja semakin menambah parah kemacetan akibat banyak pengguna jalan lain yang berhenti sejenak untuk menonton pertunjukan gratis.

APAKAH TIDAK ADA SOLUSI MENGATASI KEMACETAN IBUKOTA JAKARTA?

Saya pribadi melihat ada beberapa sebab kemacetan gila di Jakarta, yaitu antara lain:

  1. Rasa disiplin pengguna jalan yang kurang sehingga bertindak egois menjadi ‘selonong boy’
  2. Jumlah kendaraan yang kian bertambah akibat DP Murah dan orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan naik kendaraan umum
  3. Kendaraan umum yang tidak aman dan tidak nyaman. Ini sudah menjadi rahasia umum. Mungkin kalau fasilitas kendaraan umum diperbaiki ya warga Jakarta (termasuk saya) lebih memilih menggunakannya untuk mobilitas pusing-pusing keliling Kota Jakarta.
  4. Apa lagi ya?

Bagaimana menurut anda?

Advertisements