Ngetop dengan tulisan copy-paste karya orang lain


Membaca artikel di kompas.com kok terasa aneh, lucu tapi juga menggelitik, karena ada juga seorang blogger yang justru ngetop dengan tulisan copy-paste karya orang lain.

Hah? Copy-paste? Ga salah tuh?
Yah, memang begitulah adanya. Saat ini ada seorang blogger yang memang hobi melakukan copy-paste tulisan orang lain yang didapatkannya dari hasil googling. Para pengunjung blognya biasanya hanya orang-orang yang memasukkan kata kunci di Google lalu menemukan blognya secara tidak sengaja. Trik yang dipakai adalah dengan memakai judul-judul artikel yang fenomenal.

Jadi … Cara menaikkan trafik pengunjung adalah lewat Google ya? Lalu apa gunanya kita sering blogwalking?
Begini … Saya pernah membaca tulisan di sebuah blog yang isinya kira-kira begini :

Blogger itu cukup konsisten dan konsentrasi menulis konten untuk blognya saja. Content is the king! Ga perlu repot memikirkan cara memasarkan dan menjual alamat blog. Serahkan tugas itu pada Google yang memang sudah ahlinya menjual link.
Kalau soal blogwalking itu cara kita bersosialisasi dan membentuk komunitas di dunia maya. Tidak ada ruginya menambah teman2 baru walaupun di dunia maya yang terkadang kita tidak pernah bertemu muka secara langsung karena terpisah jarak, ruang dan waktu.
Cukup menulis saja! Blog yang kaya konten akan memberikan banyak pilihan buat tamu agar mau menengok rumah kita. Dan ingat, tugas kita adalah membuat konten yang menarik agar tamu2 kita tidak menjadi bosan.

Bagaimana menurut anda?

Catatan :
Konon, copy-paste sih sah saja asal kita tidak lupa menuliskan sumber aslinya.

4 thoughts on “Ngetop dengan tulisan copy-paste karya orang lain

  1. waduh ..kita yang capek mikir orang lain tinggal copas aja ya,
    artikelku ada beberapa juga diperlakukan seperti itu, dia kasih link, dan pingbacknya selalu muncul,
    entah bagaimana traffic situs itu, nggak tau cara ngeceknya

    negeribocah : kalau ada tautan kan ga papa, kalau ada yg pengin tau sumber aslinya nanti malah nambah trafik blog kita … hehehe *jawaban ngawur ya?

  2. kalo menurut saya sih asal tulisannya tidak sama persis alias diberi make up terlebih dahulu, hal itu nggak apa-apa dengan tetap memberikan link referensi. Karena beberapa blog yang berisi ilmu pengetahuan umum tentu membutuhkan referensi dari sumber lain agar tulisannya lebih akurat.

    negeribocah : kayaknya sih mayoritas artikel di blog itu hasil copas total, tapi karena trafiknya gede sekarang dia didukung oleh provider ponsel lhoo … hehehe. asyik apa nggak ya?

  3. copas , budaya instan para blogger yang pengen cepet ngetop…
    bagi saya , copas/plagiat, sedikit atau banyak ya, sama saja….
    alangkah bijaknya jika merupakan karya sendiri, mskipn hasilnya memprihatinkanšŸ™‚

    negeribocah : ribuan trafik dimulai dari … pengunjung satuan, puluhan, ratusan hingga mencapai ribuan … semua butuh waktu dan proses … dimulai dari kecil untuk menjadi besar

  4. Itu dia, saya benci dengan blog yang isinya hanya copas.šŸ˜”

    negeribocah : kalau ambil kutipan dikit2 bolah kan? … buat referensi tulisan aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s