Andai saja tidak ada korupsi … tentu kita tidak akan membaca berita seperti ini:

BENGKULU, KOMPAS.com – Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, membutuhkan perlengkapan meja dan kursi untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di sekolah itu. Akibat tidak memiliki meja dan kursi, ratusan murid dari kelas satu sampai empat di SD Negeri 2 Pematang Tiga terpaksa menerima pelajaran dari guru mereka sambil duduk di lantai. [sumber]

Apa itu korupsi?

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. [wikipedia]

Berapa jumlah uang korupsi di Indonesia?

Menurut beberapa sumber … BANYAK BANGET!
Itu baru yang terdeteksi dan ketahuan publik. Mungkin saja, jumlah yang tidak tercium bau busuknya lebiah banyak lagi. Konon, korupsi itu sistemik dan dosa berjamaah! Jadi ya susah untuk membongkarnya.

Jika ada KORUPTOR TERTANGKAP, biasanya, hukumannya LEBIH RINGAN dibandingkan dengan maling ayam. Banyak cerita seperti ini di dunia hukum di negeri ini.

Ahh … Andai saja tidak ada korupsi … (mungkin) negeri ini lebih maju dan berkembang lagi karena PENDIDIKAN MURAH sehingga kesempatan belajar untuk rakyat semakin terbuka luas.

Mari kita berandai-andai … *semoga*

Advertisements