Belajar Bedanya Product Driven vs Market Driven


Presiden Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) Ir. Antonius Tanan, M.B.A, M.Sc. mengingatkan perlu pelaku bisnis yang terbiasa berpikir product-driven (misalnya bikin produk iklan lantas baru mikir bagaimana menjualnya agar laku keras) sebaiknya segera mengubah ke berpikir market-driven. yakni bikin produk iklan yang jelas2 diminati pasar karena mampu menjawab kebutuhan pembeli.

Diingatkannya, selama ini, produk inovasi Indonesia lebih berupa temuan-temuan yang jarang disambut baik oleh pasar. Temuan yang kita anggap sangat inovatif sekalipun, bisa saja kurang memiliki nilai jual. Karena ternyata tidak mampu menjawab kebutuhan konsumen di tempat dan waktu tertentu. Maka dari itu, diperlukan pendekatan market-driven (produk perlu dirancang dengan berfokus pada minat dan kebutuhan pasar)

Lebih rinci silakan klik: http://ciputraentrepreneurship.com

Recent Posts :

2 thoughts on “Belajar Bedanya Product Driven vs Market Driven

  1. jadi ingat tentang diskusi tentang apakah pasar dapat diciptakan, atau kita hanya bisa mengikuti trend di pasaršŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s