Presiden Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) Ir. Antonius Tanan, M.B.A, M.Sc. mengingatkan perlu pelaku bisnis yang terbiasa berpikir product-driven (misalnya bikin produk iklan lantas baru mikir bagaimana menjualnya agar laku keras) sebaiknya segera mengubah ke berpikir market-driven. yakni bikin produk iklan yang jelas2 diminati pasar karena mampu menjawab kebutuhan pembeli.

Diingatkannya, selama ini, produk inovasi Indonesia lebih berupa temuan-temuan yang jarang disambut baik oleh pasar. Temuan yang kita anggap sangat inovatif sekalipun, bisa saja kurang memiliki nilai jual. Karena ternyata tidak mampu menjawab kebutuhan konsumen di tempat dan waktu tertentu. Maka dari itu, diperlukan pendekatan market-driven (produk perlu dirancang dengan berfokus pada minat dan kebutuhan pasar)

Lebih rinci silakan klik: http://ciputraentrepreneurship.com

Recent Posts :