Jaga Stamina, Mempertahankan Komitmen


Anda punya akun facebook? Pernahkah anda melihat atau mungkin saat ini sudah tergabung dengan grup / halaman facebook yang mempunyai ribuan anggota dan grup / halaman itu aktif?

Sering kita berniat, ‘Aku mau bikin grup / halaman di facebook ahh. Aku pengin begini, aku pengin begitu. Wah, caranya mudah tuh. Tinggal klak-klik maka semua bisa terwujud sesuai dengan keinginanku.’

Tapi, apakah memang caranya semudah itu?
Jika cuma membuat dan meregister nama grup / halaman baru di facebook ya memang tinggal klak-klik maka jadilah sesuai bayangan anda, tetapi bagaimana cara menarik minat orang untuk bergabung sehingga berjumlah ribuan?

Wow! Itu pekerjaan jangka panjang yang tidak cukup dengan waktu 1-2 hari, 1-2 minggu bahkan 1-2 bulan. Semua perlu waktu dan proses jangka panjang yang membutuhkan stamina, komitmen dan kesabaran.

Saat ini, saya adalah owner dan pengelola dari sebuah halaman facebook dengan jumlah anggota diatas 10.000 orang.Bukan angka yang kecil ya? Alhamdulillah … dan saya berterima kasih pada semua member karena mereka sudah percaya dan bisa menerima posting yang saya kirimkan ke pages / halaman itu.

Apa resep untuk membuat grup / halaman facebook dengan jumlah ribuan member? Dan, sekali lagi, grup yang aktif! Saya akan berbagi sedikit tips, yaitu:

1.  Jaga Stamina
Ya, kita harus terus bersemangat dan punya stamina yang besar yang didasarkan pada keinginan, vivi, misi, mimpi, harapan dll tentang arah dan tujuan pembentukan grup / halaman fb tersebut.
Tentukan cita-cita anda maka Insya Allah akan terus punya stamina untuk mengawal cita-cita anda. (Lalu, apa cita-cita saya? Hehehe… nanti akan saya sebutkan dibawah tulisan ini ya)

2. Pertahankan Komitmen
Komitmen, hmm … mudah untuk diucapkan tetapi berat saat pelaksanaan. Komitmen adalah janji dan sesuai ajaran agama, ‘Janji adalah hutang yang artinya harus dibayar dan ditepati. Jika tidak terlaksana maka kita berdosa.’

3.  Tetap Netral
Grup / Halaman yang baik tidak akan memihak satu golongan, suku, aliran, partai politik dan agama tertentu. Hal ini menjadi penting agar kita bisa menjaring minat sekian ribu orang dengan visi dan misi (yang diharapkan) sama.
Jika kita sudah memihak maka yakinlah bahwa anggota akan malas berdiskusi dan menjadi pasif bahkan 1 per 1 akan rontok keluar dari grup / halaman kita.

4. Setia pada tujuan awal
Jika kita membuat komunitas non bisnis dan nirlaba ya tetap jaga agar komunitas kita berjalan dalam jalur yang benar. Jangan berbisnis dalam grup / halaman yang kita miliki untuk kenyamanan semua anggota.
Tetapi jika dari awal memang kita mau membentuk komunitas bisnis ya harus disepakati di awal sehingga anggota tau konsekuensi dan resiko saat tergabung di dalamnya. Intinya, jangan mencoba menipu anggota!

5  ………….
6  ………….
7  ………….
8  ………….

Yang lain, itu saja dulu ahh …
Yang lain adalah Jurus Andalan dan Rahasia Dagang sehingga tidak layak untuk disebutkan di muka umum. Bumbu Dapur ya tidak boleh diobral agar dagangan saya tetap laku. Hahaha

Oya, apa tujuan saya membuat grup / halaman di facebook?

Begini, saya membuat halaman facebook yang mencoba untuk kupas tuntas tentang situasi dan kondisi dari kota kelahiran tercinta.
Sedari awal, saya sudah proklamasi kan kalau halaman itu adalah milik publik umum dan BUKAN MILIK SAYA PRIBADI. Saya sekedar membentuk tetapi saya (mencoba) tidak punya kepentingan pribadi pada halaman facebook itu. Halaman saya mencoba mengakomodasi kepentingan umu yaitu untuk kebaikan dan kemajuan kota tercinta.

Lalu, keuntungan apa yang bisa saya dapatkan?
Secara finansial (langsung), tidak ada! Saya hanya mendapatkan jaringan relasi baru yang lumayan besar sehingga mempermudah akses pergaulan saya sehari-hari. Kata simbah, ‘banyak teman dan banyak saudara maka Insya Allah akan banyak rejeki.’ Semoga … Relasi itu yang akan memberikan rejeki dari jalur pertemanan dan persaudaraan yang sudah terjalin.

Keuntungan saya yang lain adalah (Insya Allah) saya tercatat dalam sejarah kota tercinta sebagai orang iseng yang sudah memperkenalkan kota tercinta ke dunia lebih luas yaitu dunia maya internet .
Sebagai seorang yang bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa maka inilah cara saya yang mudah dan murah untuk mengukir nama saya dalam perjalanan sejarah sebuah kota tanpa perlu mengeluarkan dana besar untuk konsolidasi massa dan money politic. Hahaha … Narsis ya?

Ok? Mungkin itu yang sedikit bisa saya share …
Terimakasih

Salam

One thought on “Jaga Stamina, Mempertahankan Komitmen

Leave a Reply

