pembatasan bbm bersubsidi buat mobil plat hitam, kok rasane ribet banget ya? bagaimana cara pengawasannya? kenapa tidak memilih jalan mudah dengan menaikkan harga bbm Rp. 500 – Rp. 1.000 saja?

kalau mobil pickup yang biasanya plat hitam kena aturan ini maka OTOMATIS harga2 kebutuhan pokok akan naik, jadi efek aturan ini akan dirasakan oleh sebagian besar rakyat termasuk yang tidak punya mobil pribadi plat hitam … eh, aturan ini menyebutkan MOBIL PRIBADI… ini termasuk PLAT MERAH apa tidak ya?

Konsekuensi dari naiknya harga BBM bersubsidi alias premium adalah mendorong inflasi. Namun, diperkirakan kenaikan inflasi masih bisa diantisipasi dan terukur.

“Kalau menaikkan hanya Rp 1.000, inflasi 1 persen, tapi terukur,” kata Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera dalam acara Diskusi Polemik Problem BBM, Jakarta, Sabtu (7/01/2012).

Jika masyarakat langsung dibatasi, dari premium ke pertamax, daya belinya akan berkurang. Pasalnya, jarak antara harga premium dan pertamax sangatlah tinggi.

Pembatasan yang berujung kepada konversi BBG akan mengalami beberapa kendala. Belum lagi dalam konversi tersebut masyarakat harus membeli converter kit yang harganya cukup mahal.

Di Indonesia saat ini ada 16 SPBG dan yang aktif pun hanya 8 SPBG. Itu pun hanya berada di Jabodetabek, waktu 3 bulan sangatlah sempit untuk menambah jumlahnya.

Wakil Direktur Reform Miner Institute, Komaidi Notonegoro tidak yakin dalam waktu tiga bulan pemerintah siap melaksanakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Apalagi pengalihan BBM kepada bahan bakar gas (BBG).

“Kan 1 April itu 3 bulan lagi, saya tidak yakin kalau bisa siapkan infrastruktur. Pembatasan itu perlu menyiapkan BBG-nya dan infrastrukturnya, untuk membangun SPBG ini membutuhkan investasi yg besar, dan tidak mudah membangun seperti yang dibayangkan,” katanya.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements