Salesman : Perbanyak Kunjungan dan Rawat Klienmu


Dalam dunia per-sales-an ada ungkapan, ‘PERBANYAK KUNJUNGAN KE KLIEN’ untuk menawarkan dan memperkenalkan produk perusahaan. Ya iya lah, kata orang ‘TAK KENAL MAKA TAK SAYANG’
Bagaimana biar orang bisa kenal?
Caranya: Jalin silaturahmi dan komunikasi dengan banyak orang.

Seorang sales tidak boleh (bahkan HARAM HUKUMnya!) jika hanya duduk manis bahkan bobok di rumah (dalam arti tidak melakukan apa-apa) dan hanya berdoa berharap bahwa klien akan turun dari langit dengan membawakan surat order.

Seorang sales harus aktif berkomunikasi. Mungkin, bahasa ‘SOK KENAL SOK DEKAT’ adalah lagu wajib mars perjuangan buat team sales. Sales harus PE-DE bahkan kadang boleh NARSIS agar klien tertarik untuk order. Jadi, kalau anda pemalu ya WAJIB menghilangkan sifat pemalu. Anda penakut ya wajib belajar menjadi pemberani. Anda susah bicara ya wajib belajar ngomong di depan orang.

Yang juga tak kalah penting adalah ‘KENALI PRODUK DAGANGAN’ mu. Jangan sampai kejadian seorang sales menjadi terlihat bodoh karena tak menguasai produk. Sales harus profesional dalam menjawab setiap pertanyaan klien dan calon klien. Sales harus mampu menerangkan produknya dengan bahasa singkat, padat, ringkas dan tepat sasaran tidak bertele-tele yang hanya membuang waktu dan energi.

Jika hal diatas sudah anda kerjakan dan ada transaksi order dari klien maka selanjutnya anda wajib merawat klien anda dengan baik dan benar. Bisnis yang kita harapkan adalah bisnis jangka panjang yang akan selalu terjadi repeat order. Klien wajib dijadikan pelanggan setia yang bisa memberikan uang (dalam arti berbelanja) pada produk kita.

INGAT: kita tidak boleh menjadi SALES PENIPU yang hanya mendapatkan keuntungan sesaat ‘SIKAT DAN KABUR’ karena nantinya kita sendiri yang capai karena selalu berpikiran ‘BAGAIMANA CARANYA MENDAPATKAN KORBAN BARU’.

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

If you enjoyed this article, please consider sharing it!

3 thoughts on “Salesman : Perbanyak Kunjungan dan Rawat Klienmu

  1. Pingback: Cara Menghilangkan Bau Petai | negeribocah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s