YouTube: Fenomena situs web video sharing


Youtube

NegeriBocah – Tidak dapat disangkal bahwa saat ini YouTube adalah Fenomena situs web video sharing. Setiap orang bebas memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.

Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.

Pada awal berdirinya kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran Jepang di San Mateo, California. Video awal yang pertama kali di Upload di Youtube berjudul “Me at The Zoo”, menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di youtube.

Youtube meluncurkan Beta test pada bulan Mei 2005, 6 bulan sebelum official launching yang dilaksanakan pada bulan November 2005. Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar.

Pemilihan nama http://www.youtube.com mengakibatkan masalah bagi sebuah situs bernama mirip, http://www.utube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap YouTube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara teratur yang diakibatkan oleh orang yang mencari situs YouTube

Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000

Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $

Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat

Sebanyak 4 miliar video YouTube rata-rata ditonton oleh pengguna per harinya. Jumlah tersebut menurut Google – sang empunya layanan – merupakan pencapaian yang fantastis dan menjadi salah satu sumber pendapatan selain bisnis utama dari iklan di mesin pencari. Iklan di YouTube menyumbang pendapatan sebesar US$5 miliar per tahun.

Menurut Google, durasi video yang diunggah ke YouTube setiap menitnya adalah 60 jam atau meningkat 25 persen dalam kurun waktu 8 bulan. Pada Mei 2011, durasi video yang diunggah adalah 48 jam per menitnya. Meski demikian, 4 miliar video yang dipancarkan YouTube ke seluruh dunia ternyata belum menghasilkan pemasukan. Hanya 3 miliar video Youtube yang bisa menyumbang penghasilan bagi Google per minggu.

Klaim Youtube menyebut 4 miliar video yang ditonton per hari setara dengan populasi penduduk negara sebesar Rusia, yang menonton satu video setiap jamnya. Data lain tentang YouTube antara lain jumlah video yang diputar sebanyak 1 triliun. Satu jam video diunggah setiap detik. Rata-rata per orang memutar 140 video. Selama 2011, video Rebecka Black berjudul “Friday” paling banyak ditonton orang. Sebanyak 82,5 persen pemirsa internet AS menonton video online dan YouTube menguasai 76,4 persen pangsa pasar video AS. Untuk menggambarkan statistik Youtube tersebut, Google pun membuat situs onehourpersecond.com dengan tampilan nan menarik.

Di Indonesia, dampak sosial dari YouTube terlihat dari munculnya artis dadakan. Seperti contohnya: Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya, dan Shinta dan Jojo dengan lipsync lagu keong racun.

Menurut Funco Talipu, sosiolog dari Universitas Negeri Gorontalo, video lipsync Briptu Norman mendadak menjadi bahan perbincangan karena momentumnya pas disaat citra Polri terpuruk. Ini menarik karena dia pakai baju polisi, mungkin kalau tidak pakai baju polisi tidak akan menarik perhatian. Sementara itu, kepopuleran video lipsync Shinta dan Jojo dikarenakan syair lagu Keong Racun yang menggelitik, serta gaya Sinta dan Jojo yang kepala dan tangannya bergoyang mengikuti irama musik.

Sekarang yang terpopuler adalah Ayu Ting-Ting dengan lagu “Alamat Palsu

Bagaimana dengan anda? Apakah anda ingin ngetop juga? Silahkan upload video anda ke YouTube!

One thought on “YouTube: Fenomena situs web video sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s