Mana yang lebih bagus antara Blog Gratis Atau Blog yang Bayar domain / hosting sendiri?

Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.
Untuk blog gratis seperti WordPress, Blogger / Blogspot dll itu bagus untuk tempat latihan menulis bagi blogger pemula. Walaupun blogspot memberikan keleluasaan tetapi ya tetap ada ‘Syarat dan Ketentuan‘ yang harus diikuti.

Ibaratnya anda numpang di rumah orang, saya yakin, anda WAJIB mentaati dan mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh si Tuan Rumah. Artinya, kalau anda nekad dan mbalelo terhadap si Tuan Rumah ya bersiaplah untuk diusir keluar baik dengan cara baik-baik ataupun langsung ditendang tanpa ada konfirmasi pemberitahuan terlebih dahulu.

Saya sarankan, Buatlah postingan di blog gratis seperti blog ini  untuk karir awal anda di dunia blog. Selanjutnya, Seorang blogger harus belajar, belajar dan belajar disamping menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan blogger tetangga agar blog kita tidak seperti kuburan mati yang sepi pengunjung dan komentar.

Langkah ke depannya anda harus mencoba membeli / bayar domain dan hosting sendiri, bila anda ingin serius make money blogging.

Bagaimana menurut anda?

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

Advertisements