Membaca isi berita di web news maupun postingan di blog, ramai membicarakan dan menulis soal reshuffle (perombakan) Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Jika anda melihat di sebelah kanan tulisan ini, ada kutipan yaitu :

MODAL SEORANG PEMIMPIN
Seorang pemimpin harus cepat, tepat dan tegas saat mengambil sebuah keputusan. Harus disadari bahwa apapun keputusan yang kita ambil selalu ada resiko perjuangannya. Ada yang merasa diuntungkan sebaliknya ada juga yang merasa dirugikan. Tidak ada satu keputusan yang bisa memuaskan semua pihak, tetapi ya pemimpin harus cepat berpikir demi kepentingan yang lebih luas … pesan simbah

Jadi ya memang keputusan Presiden SBY dalam memilih, menggeser, mengganti menteri2 pembantunya sarat pro dan kontra. Itu biasa dan menjadi resiko perjuangan! Asal … alasannya logis dan terbuka.

Simbah juga berpesan : pemimpin harus cepat berpikir demi kepentingan yang lebih luas. INGAT … KEPENTINGAN YANG LEBIH LUAS! BUKAN KEPENTINGAN SEKELOMPOK ORANG YANG BERGABUNG DALAM SEBUAH PARTAI POLITIK TERTENTU.

HOT TOPIC dalam isu Reshuffle Kabinet kali ini melibatkan nama-nama, diantaranya adalah :

  1. Menteri Kelautan dan Perikanan: Fadel Muhammad
  2. Menneg Pemuda dan Olahraga: Andi Mallarangeng
  3. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Muhaimin Iskandar

Banyak pertanyaan di seputar ketiga tokoh itu … KENAPA? MENGAPA? APA ALASANNYA? LAYAK ATAU TIDAK LAYAK? PANTAS ATAU TIDAK PANTAS? dan lain-lain.

Saya tidak akan menulis ini itu karena semua sudah diulas dan dikupas tuntas di dunia maya, walaupun saya juga punya sedikit pemikiran sendiri. Saya hanya berkesimpulan bahwa Reshuffle Kabinet itu SESUATU BANGET!

Bagaimana menurut anda?

Advertisements