Entahlah, ini cuma perasaan saya saja atau memang kondisi sebenarnya …

Beberapa hari ini saya mengamati ada perbedaan antara WP, Blogger dan blog hosting lokal. Yaitu soal kecepatan akses / loading blog.

  • Blogger lebih unggul dari WP
  • Blog Hosting lokal lebih unggul dari Blogger dan WP, tetapi sering error

Tanya: Kenapa?

Selain itu, saya menemukan beberapa tulisan seputar ajakan ‘CINTAILAH SERVER DALAM NEGERI‘ dengan alasan untuk menghemat bandwidth. Apakah blog hosting lokal itu memakai server dalam negeri? Bagaimana cara melihat posisi/ lokasi servernya?

Saya mempunyai beberapa blog dengan domain berbayar, iseng2 pernah nanya dengan host master soal lokasi server. eh. dia ngomong gini, ‘Posisi server kami ada di USA, ini karena akses lebih cepat dan faktor keamanan jaringan. Pengalaman kami, server lokal hanya sebagai cadangan (backup?) saja. Kami juga punya tetapi posisinya tidak menjadi server utama.’

Tanya: Kenapa?

Catatan:
Posisi saya hanya sebagai user / pemakai sehingga tidak mengerti soal yang beginian. Harap maklum. Saya menuliskan soal ini karena rasa penasaran saja. Jika anda bisa memberikan sedikit informasi, saya ucapkan terima kasih karena mau berbagi.

Cekidot! … Free Backlinks and Link Exchange Service