Kuliner: La Salad Truffe (Truffle Salad)


Negeri Bocah – Postingan ini sekedar menambah postingan dari http://bundadontworry.wordpress.com yang berjudul Sedikit Tentang Masakan Perancis.
Semoga berkenan …

La Salad Truffe (Truffle Salad)

Salah satu olahan paling populer dari bahan baku jamur ini adalah Truffle Salad, yang disajikan bersama saus Hollandaise. Biasanya hidangan ini disajikan sebagai appetizer ( hidangan pembuka selera).
Salad ini sangat digemari karena aromanya yang sangat memikat. Hidangan ini juga tergolong mahal karena truffle adalah salah satu jamur terlangka di dunia.

Saya tergoda untuk mencari info tentang truffle adalah salah satu jamur terlangka di dunia itu. Setelah search di Google, akhirnya saya menemukan info sebagai berikut :

Jamur Truffle (Tuber magnatum, Tuber aestivum, Tuber melanosporum, dan Tuber brumale)

Sumber Gambar dari sini.
Jamur langka yang sulit ditemukan, sehingga menemukannya butuh bantuan anjing dan babi yang memiliki penciuman tajam. Jamur truffle adalah jamur termahal di dunia (artikel dari The Telegraph) , digunakan dalam jumlah sedikit sebagai penyedap pada masakan Perancis seperti masakan Foie gras.
Sumber info dari http://id.wikipedia.org/wiki/Jamur_pangan.

Truffle adalah sejenis buah jamur langka yang bisa dimakan dan dinilai sangat lezat di banyak negara. Jamur ini biasanya dipetik di alam bebas, tapi karena langka harganya sangat mahal. Namun truffle bukan truffle lapis cokelat, karena yang terakhir itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan jamur truffle.

Truffle membutuhkan iklim dengan cuaca hangat untuk bisa tumbuh sehingga lingkungannya terbatas. Truffle tumbuh antara lain di Prancis, Italia, Kroasia, dan Slovenia. Tapi bisa dijumpai juga di Amerika Serikat (AS), Timur Tengah, hingga Afrika Utara.

Truffle tumbuh hingga 30 sentimeter (cm) kebawah tanah di akar pohon oak, elm, chestnut, pinus, dan beringin. Truffle membentuk simbiosis mutualisme dengan lingkungannya. Jenis truffle ada ratusan, tapi yang menjadi buah dihargai sangat tinggi sebagai makanan. Black summer truffle tumbuh subur di wilayah

utara Italia, Eropa tengah, dan Inggris, tapi juga terdapat di Turki dan Afrika Utara. Per kilogram buah ini harganya mencapai US$ 1.500. Black summer truffle biasanya dipanen pada Juni hingga November, satu biji beratnya bisa mencapai 20-30 gram, bentuknya agak bulat dengan diameter sampai 4 cm. Namun aroma summer truffle tidak sekuat winter truffle
Sumber info dari http://bataviase.co.id

3 thoughts on “Kuliner: La Salad Truffe (Truffle Salad)

  1. wuih, mantaf banget Herry
    benar2 jadi bertambah lagi ilmu dan wawasan setelah membaca lengkap ttg jamur truffle ini .
    memang jamur ini terkenal sejak lama, sebagai bahan makanan yg sangat mahal, makanya disajikannya pun hanya sedikit sekali, sekedar mendapatkan aromanya yg memang sangat khas .
    terimakasih banyak krn telah berbagi ya Her🙂
    salam

    • katanya, untuk mendapatkan jamur ini, anjing atau babi akan menggali tanah dan menggigit jamur itu. apakah itu tidak terkena air liur binatang itu ya?
      salam bunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s