Kilas Hukum 2011: tajam dibawah tetapi tumpul di atas


Hukum di negeri ini ibarat ‘golok besar’ mata satu yang mengancam pelaku tindak kriminal dan kejahatan. Hukum begitu menakutkan karena sering bertindak tegas tanpa pandang bulu sehingga dianggap terlalu lebay atau berlebih-lebihan.

Tapi ya begitu deeehhh … ibarat ‘golok’ mata satu, hukum cuma tegas menyikat semua yang ada di bawah dan melupakan apa yang ada di atas. Mata golok yang tajam selalu mengincar ke bawah, sedangkan punggung golok tetap diatas menjaga keselamatan pelaku kriminal kelas tinggi.

Cerita kasus hukum sampai dengan akhir 2011 diisi dengan hukum lebay nan aneh dan unik. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palu, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, AAL (15), terancam 5 tahun bui. Sebab, polisi dan jaksa menuduhnya mencuri sendal seharga Rp30 ribu milik Briptu Ahmad Rusdi Harahap. Kamis, 22/12/2011
  2. Pencuri 3 buah kakao, nenek Minah di Banyumas, Jawa Tengah. Hakim menghukum nenek Minah selama 1 bulan 15 hari penjara dengan masa percobaan 3 bulan pada 19 November 2009 silam.
  3. Randy dan Dian diajukan ke meja hijau hanya karena dituduh menjual iPad tidak berbuku manual bahasa Indonesia dan tidak bersertifikat. Akhirnya PN Jakpus memvonis bebas keduanya pada 25 Oktober lalu.
  4. Kriminalisasi kepada Aguswandi Tanjung yang dituduh mencuri listrik karena mengisi ulang baterai (nge charge) HP di lobi apartemen. Oleh aparat, dia sempat dijebloksan ke penjara selama 87 hari. Hingga akhirnya MA memutus bebas pada 18 November 2011 lalu.

Sumber : detik.com

Sedangkan Penegakan hukum dalam kasus korupsi banyak diisi dengan TAU SAMA TAU dan negosiasi plus lobi-lobi kelas tinggi. Para koruptor yang telah merugikan keuangan negara hingga puluhan miliar hanya dituntut beberapa tahun saja. Mereka menjalani hukuman hidup di bui dengan enak dan nyaman karena berbagai fasilitas mewah dan pengurangan masa hukuman yang berkali-kali.

Contohnya?
BUANYAAAKKKKK! CAPE DAN MALAS NGETIKNYA!

Hari ini 22 Desember 2011 adalah Hari Ibu ‘Mother’s Day’ … Selamat hari ibu! I love u, Mom!

Lho, apa hubungan kasus hukum dengan hari ibu?
Menurut saya sih, erat banget! Ingatlah selalu pesan, nasehat dan petuah bijak dari ibu kita yang selalu mengajarkan tentang nilai kejujuran dan kebersihan batin. Ibu selalu melarang anaknya ketika mau mengambil dan mengakui sesuatu yang bukan haknya.

Apakah kita mau mempermalukan ibu kita saat wajah kita tiba-tiba jadi ngetop sering tampil di layar tv dan tercetak di media massa karena terlibat kasus korupsi yang merugikan negara dan bangsa ini?

Hmm …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s