Manfaat Blogwalking


blogwalking adalah sarana silaturahmi dan komunikasi antara sesama blogger. biasanya blogger mempunyai beberapa blog idola yang akan rutin dikunjungi untuk membaca isi postingan terbaru dan meninggalkan jejak komentar di blog2 tersebut.

saya yang mempunyai blog jelek ini, biasanya, rutin mengklik blog dari sahabat blogger yang sudah rela memberikan komentar di blog ini. saya akan balik berkomentar di beberapa postingan yang menarik sesuai minat dan keinginan saya. jadi ya timbal balik yang menguntungkan jika kita mau memberikan sedikit komentar di tulisan sahabat blogger yang lain.

apa manfaat blogwalking?

jujur saja, saya merasakan manfaat yang besar disisi trafik kunjungan dengan adanya blogwalking. begini ceritanya :

kebetulan saya memakai koneksi internet dari im3 yang membatasi kuota pemakaian. naaahhh, kuota saya selalu berakhir di setiap tanggal 13 setiap bulannya. karena beberapa pemakaian yang terkadang memakan kuota berlebih, biasanya diantara tanggal 1-5 setiap bulannya, saya mendapatkan peringatan dari server im3 yang menyatakan bahwa jatah kuota saya sudah habis dan saya bisa memanfaatkan masa tenggang sampai tanggal 13.

selama masa tenggang itu memang saya masih bisa bermain internet tetapi ya akses menjadi amat sangat terbatas sekali. koneksi saya menjadi jalannya seperti siput dalam arti lambat buangeeetttt … sehingga terkadang saya merasa be-te dan uring2an karena harus sering me-refresh layar agar koneksi sedikit tersentak (eh, emang begitu caranya ya?)

selama masa tenggang itu ya harap dimaklumi dan dimaafkan apabila dengan amat sangat terpaksa sekali saya tidak bisa membalas kunjungan teman2 sahabat blogger dan membalas komentar yang masuk ke blog ini. saya terpaksa melakukan ini untuk menghemat waktu karena menunggu loading web yang lambat ya amat sangat membosankan sekali.

selama masa tenggang saya hanya memakai koneksi yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan memposting artikel untuk memperbaharui tampilan blog ini agar anda yang rela berkunjung tidak merasa kecewa karena tidak menemukan postingan baru.

apa akibatnya tidak melakukan blogwalking?

trafik kunjungan ke blog ini menurun drastis! saya mengamati pergerakan statistik dan mendapati selama saya absen dari blogwalking, jumlah kunjungan selalu dibawah 50 view. artinya teman2 juga absen berkunjung ke blog ini.

menurut saya, dengan melakukan blogwalking, si pemilik blog akan membalas kunjungan kita dan kita juga bisa mempromosikan blog kita yang kemungkinan akan ikut di-klik oleh blogger lain yang juga ikut berkomentar di blog sahabat blogger yang lain yang saya kunjungi.

jadi ya ada keuntungan ganda jika kita mau sedikit meluangkan waktu dengan melakukan blogwalking.

akhirnya, saya mohon maaf jika anda sudah berkunjung ke blog ini tetapi saya belum bisa membalas kunjungan anda.

insya Allah, setelah tanggal 13, minimal tanggal 14, saya akan melakukan kunjungan balik ke blog anda. saya berharap bahwa pertemanan blogger ini bisa memberikan manfaat buat kita semua.

 

13 thoughts on “Manfaat Blogwalking

  1. Pingback: Online | negeribocah

  2. Selama ini yang membuat saya ragu untuk membuka comment di blog saya adalah ketakutan adanya hacker yang masuk lewat comment ,apakah hal tersebut dapat terjadi .Mohon infonya .Thank’s.

    waduh… enggak tau soal begituan. maaf … maaf …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s