Curriculum vitae (CV) adalah representasi diri, banyak lulusan baru yang membuat CV ngawur dan bikin pusing pihak perusahaan yang mencari karyawan baru. Mereka melakukan kesalahan yang tidak disadari karena (mungkin) kurang referensi dan tidak ada yang membimbing serta mengarahkan . Memang tidak mutlak membuat mereka ditolak, tetapi memperkecil peluang diterima.

Nah, jika Anda seorang lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan, hindari beberapa kesalahan dalam membuat CV Lamaran Kerja seperti berikut ini:

Fotocopy KTP
Pergunakan KTP asli anda. Jangan meminjam KTP babe, emak, sodara, tetangga atau malah musuh anda karena ini tidak mencerminkan diri anda. Ini contoh KTP yang salah gaul :

Foto
Sama seperti diatas, jadilah diri anda sendiri. Biasanya perusahaan memberikan syarat foto diri dalam lamaran kerja, pilihlah foto yang membuat Anda terlihat profesional. Jangan pakai foto yang diambil dari Facebook hanya karena Anda tampil menarik (atau seksi). Bagaimana Anda mau dianggap serius bila foto yang dilampirkan terlihat main-main dan hasil crop?

Umumnya perekrut lebih menyukai foto yang simpel. Pergilah ke studio foto dan bikin satu foto yang bagus – untuk investasi Anda ketika melamar pekerjaan.

Alamat email
Hmm, alamat email seperti d3wicuantixdanimutbanget@yahoo.com, t1k4b4ngetdeh@gmail.com, robianakmamapapa@gmail.com atau tomisayangcintya@ymail.com sepertinya lucu, aneh dan kurang menarik jika dipajang di CV. Anda kan sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan jadi sebaiknya hindari alamat email yang terlalu personal. Buatlah satu akun email dengan nama asli Anda untuk keperluan resmi. Jangan sampai Anda kalah bersaing dengan pelamar lainnya hanya karena alamat email Anda menggelikan.

Advertisements