Seniman petani Komunitas Lima Gunung (KLG) Magelang, Jawa Tengah, menyiapkan agenda kebudayaan tahunan mereka secara mandiri “Festival Lima Gunung Ke-10”.

Lima gunung yang disebut sebagai nama komunitas seniman petani setempat itu meliputi Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Pegunungan Menoreh. Lima gunung itu mengelilingi Kabupaten Magelang.

Puncak festival itu akan digelar pada 10 Juli 2011 di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, kawasan di antara Gunung Merapi dengan Merbabu dengan melibatkan ribuan anggota komunitas yang tergabung dalam berbagai kelompok kesenian rakyat.

Berbagai kesenian yang akan digelar, antara lain, soreng, topeng ireng, jatilan, warok bocah, topeng saujana, lengger, kuda kepang papat, wayang orang kontemporer, wayang kertas, teater, musik truntung, madyo pitutur, gojek bocah, drama tari, tari kukilo, grasak, dan performa, serta orasi budaya. Festival juga akan dimeriahkan dengan pameran lukisan, pameran foto, dan peluncuran buku.

SUSUNAN ACARA FESTIVAL LIMA GUNUNG KE – 10

Advertisements