Ngeblog: Mikir Sendiri Atau Main Copas?


Ngeblog: Mikir Sendiri Atau Main Copas?

Anda taukan yang namanya copas atau copy paste? Bagaimana menurut anda?

Kalau saya sih milih sedang-sedang aja. Tidak mendukung juga tidak perlu anti pati untuk menolaknya. Copas (maybe) sah selama untuk menguatkan data sebagai referensi atas tulisan kita. Copas juga 1/2 halal selama kita tidak menjadi plagiat atas karya cipta tulisan orang lain.
Selalu sertakan sumber tulisan asli, mungkin itu  cara yang baik dan benar.

Lalu, apa maksud dari judul tulisan di atas?

Begini, blog NegeriBocah ini pakai akismet yang akan menjaring komentar yang masuk. Menurut saya sih, hasil kerja program anti spam ini cukup bagus. Beberapa tamu dan komentator yang masuk akan ditahan di pintu gerbang akismet sebelum diijinkan masuk ke NegeriBocah.

Nah, saya tidak tau, apakah ini berhubungan dengan trafik yang lumayan dari blog ini? Beberapa komentator akan saya cek dulu ke alamat blognya. Saya menemukan ada beberapa (artinya, lebih dari 1) blog yang hanya menampilkan artikel orang lain seperti berita terkini, gosip artis, info lowongan pekerjaan, gambar aduhai dll.

Blog seperti itu murni 100% hanya menampilkan ulang isi dari blog /web tetangga sebelah. Saya kok ngerasa kurang sreg aja. Kalau isinya ada ya minimal 25% tulisan pribadi sih no problemo. Tapi kalau 100% hasil copas? WTF!

Saya terpaksa memblokir dan memasukkan komentar dari beberapa blog tersebut dalam kategori spam. Mohon di maafkan ya … Bukan maksud saya menjadi sok belagu atau bagaimana, tapi ini masalah kenyamanan saja bagi saya perbadi dan saya harap juga sajian di NegeriBocah ini menjadi tempat singgah yang enak bagi semua sahabat blogger yang berkenan hadir dan berkomentar disini.

Bagaimana menurut anda?
Kira-kira, apa maksud dan tujuan dari si pemilik blog yang 100% isinya copas?
Kalau untuk blog making money online kok rasanya tidak mungkin karena wordpress gratisan (kalau tidak salah) akan melarang blog jenis ini.

Recent Posts :

8 thoughts on “Ngeblog: Mikir Sendiri Atau Main Copas?

  1. Klo saya ya sedang2 jg kayak bapak, Soalnya kalo maucari berita, kadang baca2 artikel2 blog lain, tp cuma buat referensinya, bukan Copas artikelnya.
    Kalo orang yg blognya isiannya copas, mgkn yg punya ga kreatif ato kehabisan ide pak

  2. kalo saya copas itu cuma itu menguatkan postingan yg saya buat. misalnya di postingan saya tentang pajak untuk jual-beli online, disitu saya sertakan tulisan yg saya copas dari sumbernya itu menguatkan biar postingan gak terkesan asal2an

  3. dimasandpangestu , Rahad , monda: hehehe … artinya kita sepakat soal budaya copas. selama tidak 100% copas ya wajar dan sah saja.
    terima kasih sudah singgah disini

  4. ia banget pak,walaupun mau copas , jangan sampe 100% artikelnya dicopas,saya kadang muter2 internet, ehh ketemu artikel yg isinya sama persis, tp ga ditulis sumbernya,Smg kita tidak jadi orang yg seperti itu…

  5. gapapa juga sih kalo kopas. tapi dikasih sumbernya, itu harus. ga kopas 100% aja harus kasih sumber, apalagi yang 100%.
    tapi kalo nulis sendiri sih, itu bakal lebih keren:mrgreen:

  6. mengenai copas ini, susah juga ya Herry
    karena kalau ditelusuri, sebenarnya hampir tidak ada tulisan yang benar2 baru100%, karena tulisan2 yg dibuat mungkin idenya dr tulisan sebelumnya yg pernah dibuat oleh orang lain, namun dgn gaya bahasa si penulis berikutnya .
    dan, bunda juga suka copas beberapa kalimat, terutama yg dipakai oleh tokoh2 tertentu, dgn maksud utk menguatkan, jgn sampai salah tulis, takutnya nanti malah salah persepsi bagi yg membaca, kan kasihan si ahli ini , kalau gak bunda copas perkataannnya.
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s