Yah! I Hate Spammer! Si tukang sebar sampah ini selalu ada dimana-mana termasuk di dunia blogging. Modusnya adalah memberikan komentar di beberapa postingan yang kita buat. Tujuannya apalagi kalau bukan mencari backlinks menuju blog nya sehingga bisa mengangkat SERP blognya untuk kata kunci tertentu.

Blog dengan Pagerank rawan menjadi sasaran spammer karena ilmu seo menyebutkan kalau backlinks dari Blog ber-PR lebih berkualitas. Tebar sana tebar sini… ngeselin buanget! Spammer ada yang dilakukan secara manual oleh manusia beneran yang kurang kerjaan dan ada yang memakai mesin tebar pesona komen.

Kalau yang manual masih mungkin kita loloskan apalagi jika komennya agak nyerempet dengan isi postingan. Tetapi spammer pakai mesin lebih lucu isinya. Mereka ibarat ‘Jaka Sembung bawa golok’ yang artinya ‘Awas jangan sembarangan bawa-bawa golok karena benda tajam itu berbahaya apalagi jika disekitar anda ada anak kecil’.

Jika anda termasuk golongan ‘I Hate Spammer!’ ada baiknya anda memasang beberapa script/ plugin di blog anda, seperti ini misalnya :

Akismet

Ini andalan pertama saya. Cukup lumayan tangguh untuk melawan beberapa spammer gombal gambul yang menjengkelkan dan membuat postingan komen ga mutu. Plugin ini ada yang gratisan ada yang bayar dan bisa dipakai di wordpress gretongan maupun wordpress self hosting alias mbayar.

Plugin BAD BEHAVIOR

Ini langkah kedua kalau ternyata IP Address tertentu tetap nekad menyerbu blog kita dengan BOT khusus. Silahkan cari di Seacrh Plugin self hosting anda, caranya ya masuk ke dashboard dulu. Ini salah satu plugin wajib melawan spammer dengan cara block IP Addressnya.

Proses settingnya sama seperti akismet, tinggal daftar dan klak-klik sana-sini. Settingan-nya sesuai kebutuhan, semakin banyak yang dicentang semakin ampuh menolak bot, tetapi Google bot tetap diloloskan.

Masih bingung oleh kelakuan BOT Gombal? Sama! I Hate Spammer deh ahh ..