Mungkin, aku yan sudah lupa dan pikun tentang apa yang aku pelajari saat Sekolah Dasar doeloe. Mungkin, juga aku yang membolos sehingga tidak menyimak ajaran dari bapak dan ibu guru.

Kenapa aku menuliskan hal ini?

Semalam aku membaca hasil ULANGAN UMUM SEMESTER GENAP TINGKAT SD – TAHUN AJARAN 2010/2011 milik anak lelaki kesayanganku. Mata Pelajaran : Matematika

Ada yang menarik dari soal yang ditanyakan, beberapa diantaranya yaitu:

1. Gajah …………. dari pada Kuda
a. Sama Berat
b. Lebih Ringan
c. Kebih Berat

2. Hewan di bawah ini yang paling ringan adalah :
a. Sapi
b. Ayam
c. Kucing

3. Ayampaman 25 ekor, membeli lagi 14 ekor. Banyak ayam paman semua adalah ………….

Itu contoh soalnya …
Sepengetahuan saya, soal diatas adalah soal bercerita yang memerlukan penalaran dan pemahaman logika berpikir. Untuk anak kelas 1 SD, apakah memang sudah pantas diberikan soal seperti itu? Apa alasannya?

Catatan:
Maaf, saya bukan pendidik yang mengerti soal Kurikulum Pendidikan Nasional. Artikel ini hanya pertanyaan kecil dari seorang ayah yang mempertanyakan beban pikiran yang harus ditanggung oleh anaknya.