Negeri Bocah – Artikel ini aku tulis sambil menunggu tukang Service AC Langganan sedang bekerja di kamar pribadiku.


Apakah Anda punya tukang Service AC Langganan?
Kalau aku ya si abang ini, sudah 2 tahun dia rutin aku panggil ke rumah kalau AC terasa kurang dingin dan nampak kotor. Dia juga aku referensikan ke rumah kakak dan si kakak juga ternyata cocok dengan si abang ini.
Doeloe, 2 tahun lalu, aku menemukan brosur bertuliskan :

‘MERDEKA’ TEKNIK Alamat Jalan Bla Bla Bla,
Jakarta Barat, Telp XXX
‘MERDEKA’ TEKNIK melayani :
– service ac, service cold storage, service chiller, jasa service ac, perbaikan ac, perbaikan chiller, perbaikan cold storage dll
– service barang peralatan elektronik rumah tangga seperti kulkas, freezer, chiller, mesin cuci, water heater, dispenser, pompa air, dll

Aku menemukan brosur itu tersangkut di pagar rumahku. Mungkin, team pemasaran (cq. sales & marketing) dari MERDEKA TEKNIK yang telah keliling di dalam komplekku dan menyebarkan brosur ini.
Harap maklum, aku tinggal di komplek kecil dengan tenaga security seadanya sehingga penjual dan sales bisa keluar masuk. Bagi penghuni komplek, hal ini tidak menjadi masalah selama keamanan dan ketertiban tetap terjaga.

Kembali ke si abang …
Dia orangnya ramah, gesit dan hasil pekerjaannya cukup memuaskan. Harga jasanya juga ekonomis jadi tidak membebani konsumen.
Namanya ‘Ucok’ padahal dia asli orang Jawa. Saat kutanyakan, ‘Kenapa orang Jawa namanya Ucok?’ Dia tertawa dan menjawab, ‘Biar sangar aja, pak.’
(Hahaha, emang nama bisa membuat kita nampak sangar ya?). Pikirku, kocak juga ni orang!

Nah, ini yang aku maksud sebagai sistem penjualan yang baik dan benar dimana kerja team sales yang menyebarkan brosur akan ditindak-lanjuti dengan team teknis yang akan menyelesaikan order pekerjaan dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan / konsumen akan melakukan repeat order.

Aku yakin bahwa sales TIDAK BOLEH melakukan gerakan SIKAT DAN KABUR dalam melakukan proses penjualan produk.
Perusahaan harus jujur dan tidak tipu-menipu agar mendapatkan omset. Sistem kerja di dalam perusahaan dan karyawan di lapangan harus sinergi agar mendapatkan hasil yang memuaskan bagi perusahaan dan bagi konsumen.

Bagaimana menurut anda?

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

Note :
Artikel ini BUKAN PESANAN / IKLAN, Gambar Service AC aku ambil dari koleksi Google. TIDAK ADA HUBUNGAN DENGAN ARTIKEL INI. Gambar hanya sebagai ilustrasi dari artikel ini