Aom Kusman 'Abah Iteung'

Pelawak senior Aom Kusman ‘Abah Iteung’   meninggal tepat saat azan Subuh pertama, sekira pukul 04.09 WIB, Jumat (23/12). Pria kelahiran 1948 itu meninggal di usia 63 tahun.

Pelawak yang terkenal lewat serial Si Kabayan itu meninggal di rumahnya, Jalan Rajamantri Tengah III No 1, RT 4 RW 14, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Empat hari terakhir Aom Kusman dirawat di RS Immanuel Bandung karena keluhan paru-paru. Sebelumnya, almarhum juga dirawat di RS Muhammadiyah Bandung dengan keluhan diabetes. Saat itu, kelingking kaki kirinya diamputasi.

Meski dibesarkan di lokal (Bandung), Kang Aom atau Kang Kusman,  bisa berkiprak di kancah nasional juga. Seniman yang dilahirkan di Kota Sukabumi, tanggal 24 Juni 1946, buah perkawinan dari ayahanda RMN Kartanagara yang saat itu menjabat Patih Sukabumi, dengan ibu Gurnita Yuyu yang berasal dari Sumedang ini termasuk seniman serba bisa.

Jenazah Aom Kusman dikebumikan di pemakaman keluarga di daerah Cimaragas, Garut, Jawa Barat.

Aom Kusman meninggalkan seorang istri Popi Sewu (60), serta dua anak Sylvie Salvia (35), Bugie Bagus Priadi Nurlatif Kusman Kartanegara (32) serta lima orang cucu

Advertisements