Kereta Peluru Jakarta-Surabaya? Mantap Gan!


Shinkansen di Jepang (seat61.com)

Pemerintah Indonesia berambisi memiliki kereta peluru seperti Shinkansen di Jepang yang akan diberi nama Argo Cahaya dengan rute Jakarta-Surabaya. Pembangunan ini memerlukan biaya mencapai Rp 150 triliun sampai Rp 180 triliun.

Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) adalah sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut. Jalur kereta api cepat  ini dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways.

Kecepatan tertinggi Shinkansen bisa mencapai 300 km/jam. Bila nantinya Argo Cahaya secepat ini, maka jarak Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam saja. Mantap, gan!

Kemungkinan kereta super cepat ini tidak menggunakan jalur kereta yang ada, namun membuat jalur sendiri karena alasan keamanan dan kenyamanan jalur kereta di sepanjang Pulau Jawa yang sering berhimpitan dengan rumah penduduk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s