the London Riots of August 2011


kerusuhan di London Inggris yang terjadi sejak Sabtu (6/8/2011) dan disertai dengan aksi penjarahan dan pembakaran dipicu oleh pesan lewat BlackBerry Messenger (BBM). Pesan itu mengorganisasi massa sehingga semakin banyak yang terlibat dalam aksi kerusuhan dan penjarahan tersebut.

Beberapa pesan yang dikirim lewat BBM itu disebarkan lebih meluas lewat Facebook dan Twitter sehingga semakin menyebar. Salah satu pesan yang berhasil diungkap dikirim pada Senin (8/8/2011) sore lalu. Pesan itu meminta semua penerimanya untuk pergi ke wilayah Stratford, London Timur, dan menjarah.

“Jika kamu hendak mencari uang, maka kami akan meluncur ke timur London malam ini. Ya, malam ini. Saya tak peduli dari mana kamu, kami mengundangmu untuk datang. Polisi telah melakukan hal buruk terlalu lama dan saya tak tahu mengapa kita harus menunggu lama untuk mewujudkan ini. Kami butuh minimum 200 orang lapar,” demikian pesan itu.

Steve Kavanagh, Deputi Asisten Komisioner Kepolisian Metropolitan London, mengatakan, pesan mewabah dan tak akurat yang disebarkan di Twitter itu adalah biang kerusuhan. “Media sosial dan metode lainnya telah digunakan untuk mengorganisasi keserakahan dan kriminalitas,” kata Kavanagh dalam jumpa pers di London, Senin.

Research in Motion sebagai penyedia layanan BBM mengatakan akan membantu polisi dalam menyidik kasus tersebut. Pesan BBM lain meminta penerimanya untuk bersatu di jalan-jalan di Kilburn, barat laut London. Pada hari Minggu (7/8/2011), dalam pesan itu, penerimanya diminta untuk pergi ke Oxford Circus dan memulai aksi. Pesan itu mendeskripsikan aksi sebagai “murni teror, malapetaka, dan upaya mendapatkan barang gratis”.

http://internasional.kompas.com/read/2011/08/09/17321528/Inilah.Pesan.BBM.Pemicu.Kerusuhan.London

Pesan-pesan di situs jejaring sosial dan telepon seluler menyebar seperti kobaran api dan mendorong gerombolan remaja, banyak dari mereka menutupi wajahnya dengan topeng dan tudung, menuju ke toko-toko dan jalan-jalan utama. Di sejumlah wilayah mereka bebas berkeliaran, membentuk antrean di luar toko-toko yang hancur, dan dengan santai mencoba-coba sepatu. Foto-foto para pencuri muda itu memperlihatkan mereka sedang berpose dengan barang jarahan mereka kemudian langsung ditampilkan di internet disertai komentar-komentar bernada angkuh.

Scotland Yard, polisi London, mengungkapkan, seorang anak 11 tahun merupakan penjarah termuda dari lebih dari 215 orang yang telah ditangkap selama kerusuhan. Dia dikenai tuduhan perampokan.

Sebagian besar dari mereka yang ditangkap karena pelanggaran, termasuk pencurian dan aksi kekerasan, berusia remaja atau awal 20-an. Banyak dari mereka mendapat informasi melalui pesan di telepon seluler dan situs jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Polisi telah memperingatkan bahwa mereka yang menggunakan internet dan telepon seluler untuk mengajak orang melakukan kerusuhan atau penjarahan bisa dituntut. Polisi telah mengendus bahwa media sosial telah memainkan peran kunci dalam koordinasi aksi kekerasan di Enfield, Tottenham, dan Oxford Circus.

http://internasional.kompas.com/read/2011/08/09/14281990/Penjarah.Manfaatkan.Twitter.dan.Facebook

Sejumlah foto dari peristiwa penjarahan di Inggris sangat mencengangkan. Sejumlah orang telah dilucuti hingga telanjang oleh para penjarah.

Salah satu foto, sebagiamana ditampilkan Daily Mail, Selasa (9/8/2011), menunjukkan seorang pemuda yang tampaknya dipaksa untuk menyerahkan semua pakaiannya setelah ditelanjangi dalam kerusuhan pada Senin malam. Rumor di internet semalam, lapor Daily Mail, menyatakan bahwa pada puncak kehancuran yang luas di London dan Birmingham, orang-orang ditelanjangi oleh para penjarah. Sementara polisi tampaknya tak berdaya membendung kriminalitas itu menjalar.

http://internasional.kompas.com/read/2011/08/09/18251382/Dijarah.sampai.Bugil

after riots

Some thoughts about the London Riots of August 2011

2 thoughts on “the London Riots of August 2011

  1. Pingback: kerusuhan di London Inggris « rafile

  2. Pingback: Rusuh « THE NGLAYONG POST

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s