Sering Melihat Foto Makanan Bisa Membuat Nafsu Makan Turun


Sering Melihat Foto Makanan Bisa Membuat Nafsu Makan Turun

Jakarta – Foto makanan yang diunggah ke media sosial sering membuat seseorang semakin lapar. Tapi sebuah penelitian menyatakan terlalu sering melihat foto makanan malah membuat seseorang kurang puas terhadap makanannya.

Sebelum makan, sebaiknya taruh dahulu smartphone Anda. Karena tim peneliti dari Brigham Young University menyatakan melihat foto makanan yang diunggah ke instagram malah bisa membuat seseorang tidak selera makan.

“Jika Anda ingin menikmati makanan Anda, hindari melihat terlalu banyak foto makanan. Bahkan saya pun merasa sedikit mual selama studi setelah melihat semua foto makanan yang kami kumpulkan,” tutur Jeff Larson, selaku marketing professor sekaligus kepala peneliti.

Seperti dikutip dari huffingtonpost (10/04) studi yang dipublikasikan di Journal of Consumer Psychology ini melibatkan 232 partisipan. Setengah dari partisipan melihat 60 foto makanan manis seperti cake dan cokelat, sementara sisanya melihat 60 foto makanan asin seperti kentang goreng.

Setelah melihat semua foto, partisipan diminta makan kacang asin dan memberikan nilai makanan tersebut. Tim peneliti menemukan grup partisipan yang diberikan kacang asin menilai kacang tidak enak. Smeentara grup partispan yang melihat makanan manis menilai kacang lebih enak.

Namun, tim peneliti menegaskan efek ini tidak terjadi jika hanya melihat satu atau dua foto makanan. “Anda memang perlu melihat jumlah foto makanan yang banyak untuk mendapatkan efek ini,” tutur Ryan Elder selaku marketing professor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s