Siapa Pembaca Blogmu?


Saat ini banyak blog gratisan  ataupun yang berbayar yang men-copy paste sebagian artikel dari blog lain yang dianggap memiliki kata kunci 10 besar google. Contohnya begini:

(Misalkan) Salah artikel blog ini yang berjudul :
Rahasia, Cerita Dewasa, Anak SMA | negeribocah

Akan di-copy paste di blog x dengan format:
Karena Saya akan coba menjelaskan cerita salah satu rahasia menjadi sales berdasarkan pengalaman kerja yang saya alami. Mungkin saja salah 1 cerita ini bisa menjadi pilihan hidup saat anak SMA menjadi dewasa dan harus memilih pekerjaan …

Dongeng selengkapnya:
Rahasia, Cerita Dewasa, Anak SMA | negeribocah

Blog itu tetap mencantumkan backlink ke blog NegeriBocah ini tetapi ya postingannya sepotong-sepotong.
Dalam asumsi saya, blog-blog yang berbuat itu tetap baik karena mencantumkan sumber artikel sehingga saya sendiri tidak berkeberatan karena bisa berharap limpahan pengunjung ke blog ini.
Tetapi, sebenarnya blog itu menyasar kemana? Blog itu dibuat untuk Pembaca orang atau mesin spider google yang selalu men-detect kata kunci?

Mungkin banyak perdebatan disini, blogger yang berprinsip cari uang cepat dari blog akan mati-matian mempertahankan opininya bahwa ini cara menarik pengunjung dari mesin pencari. Itu sih boleh-boleh saja, tidak salah!

Tetapi apakah pengunjung seperti itu masih bisa kita harapkan untuk berkunjung lagi di lain waktu? Saya kok pesimis dengan fanatisme pengunjung blog yang seperti ini. Saya yakin pengunjung akan bosan, jengkel, marah dll karena merasa tertipu saat dia meng-klik alamat yang hanya berputar-putar dan tidak menemukan type artikel seperti yang diinginkannya.

Pengunjung dari mesin pencari hanya numpang lewat dan segera berlalu untuk mencapai tujuannya. Mereka tidak akan mencatat nama blog kita dalam memorinya.

Seperti judul artikel ini: Siapa Pembaca Blogmu?

Ya ini yang harus dipertanyakan saat kita akan membuat blog dan memposting artikel tulisan / gambar.
Saya sering melakukan kunjungan rutin ke beberapa blog karena saya senang terhadap isi content dari blog itu. Saya mencatat alamat blog favorit dalam memori saya dan selalu menunggu postingan terbaru yang berkualitas.

Sebaliknya saya juga mencatat beberapa alamat blog penipu yang punya posisi 10 besar google karena isi postingannya tidak jelas dan hanya menghabiskan kuota bandwith. Saya ANTI untuk berkunjung balik. KAPOK!

Jadi, tentukan pilihan kita sekarang … Blog kita dibuat untuk pembaca manusia atau mesin pencari?

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

5 thoughts on “Siapa Pembaca Blogmu?

  1. wah blog saya malah gak ada iklannya mas, bermain blog pun krn untuk kepuasan tersendiri🙂
    buat apa capek-capek copas😀
    salam kenal !

  2. selain blog ini, bunda juga punya blog lain yang di monetize.
    namun begitu, untuk blog yang dimonetize memang kolom komentar nya bunda tutup, karena hanya diperuntukkan bagi mesin pencari.

    jadi, hanya kolom komentar blog inilah yang dibuka, yg memang bunda khususkan utk menjalin silaturahim dan berbagi bersama para sahabat blogger lainnya.
    salam

  3. Pingback: AGREGATOR BLOGGER INDONESIA | negeribocah

  4. Pingback: Gabung di Blog Agregator ini? « bloggerlink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s